Kamis, 31 Mei 2012

Pentingnya Marketing Plan


Ada beberapa alasan yang menjadikan sebuah perusahaan harus memiliki marketing plan yang baik bagi perusahaan mereka. Beberapa alasan tersebut diantaranya adalah : 
  1. Perkembangan teknologi yang demikian cepat berdampak pada semakin singkatnya siklus hidup sebuah produk. Sehingga untuk menyikapi hal ini dibutuhkan sebuah proses perencanaan yang baik bagi produk kita. Dengan demikian, produk tersebut tidak akan cepat tergerus oleh produk pesaing yang membawa teknologi terbaru. 
  2. Perubahan regulasi bisnis, dimana pada saat ini dunia sedang menghadapi masa liberalisasi perdagangan. Dampak dari kondisi ini diantaranya adalah dibukanya perdagangan bebas antar negara, deregulasi ekonomi dan semakin terbukanya peluang untuk bisa masuk ke dalam sebuah bisnis tertentu. Kondisi inilah yang dipercaya sebagai salah satu penyebab semakin tingginya angka kompetisi di dunia bisnis dan juga semakin banyaknya serangan dari pesaing produk yang kita jual.

Bagi negara yang masih berkembang seperti Indonesia, hal ini merupakan sebuah ancaman tersendiri. Sebab, perusahaan besar dari berbagai negara maju akan berusaha mengembangkan jalur distribusi produk mereka hingga ke negara berkembang. Sebab, negara berkembang memiliki ceruk pasar yang potensial untuk digarap oleh perusahaan besar multinasional.
  1. Pasar yang makin tersegmentasi. Dengan demikian, aka nada pembedaan perlakuan pada setiap pasar yang berbeda. Pasar yang ada pun semakin tergali sehingga mempersempit pasar yang ada.
  2. Meningkatnya pengetahuan pelanggan. Dengan adanya keterbukaan informasi, pelanggan memiliki keleluasaan akses informasi atas produk yang mereka butuhkan. Sehingga mereka bisa membandingkan satu produk dengan produk lainnya menggunakan sumber informasi, seperti internet atau media massa. Dengan demikian loyalitas konsumen akan semakin sulit didapatkan dengan hanya mengandalkan brand semata. Konsumen lebih memilih keuntungan yang bisa didapatkan daripada sekedar mengejar merk sebuah produk. 
Sumber : www.anneahira.com 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
next page