Senin, 25 Juni 2012

Usaha Keripik Singkong


Frofil Usaha
1. Nama Perusahaan : ANEKA RASA “ Dara Kembar “
2. Izin Usaha ; 510 / 776 – INDAGPAR / PK / V / 2004
3. Jenis Usaha : Perdagangan Barang Dan Jasa
4. Jenis Usaha : Keripik Singkong
5. Alamat Perusahaan : Jl. Srikaya Raya No. 50 Rt. 03/011
    Jati Makmur Pondok Gede Bekasi JABAR
6. Nomor Telepon : (021) 849 95 xxxx
7. NPWP. : 14 . 365 . 419 . 2 – 432 . 000
8. Dinas Kesehatan (Dep.Kes) : P-IRT No. 076/32.75.04
9. Domisili : 503 / 979 / Trantib / X / 2007
10. Halal : MUI – JB 01101009110905
11. Hak Paten Merk : Dalam Proses
12. No. Rekening : – –

Singkong merupakan produk pertanian yang cocok dijadikan unit bisnis karena manfaat yang diperoleh dari komoditi tersebut cukup banyak dan bermanfaat. Melihat pangsa pasar yang cukup menggiurkan atas bahan baku singkong, Perusahaan Aneka Rasa (AR) mengambil bagian dalam manfaat komoditi singkong. Karena keripik singkong sangat banyak diminati oleh masyarakat umum dari kalangan anak-anak sampai orang tua, baik dari golongan masyarakat bawah maupun kalangan atas. Perusahaan Aneka Rasa (AR) yang bergerak dibidang pengolahan, memanfaatkan singkong sebagai bahan baku utama dalam membuat produknya yang kemudian diolah menjadi keripik singkong. Karena cara pengolahannya cukup mudah dan sederhana namun memiliki proses yang cukup baik untuk dikembangkan.Ini terlihat dari begitu banyak peminatan masyarakat akan makanan ringan tersebut.

Kiat Untuk Memajukan Usaha
Selama ini produksi keripik singkong di pasaran sudah cukup banyak dengan berbagai merk, namun perusahaan Aneka Rasa dalam pengembangan usaha tersebut menggunakan konsep product (Produck Concept). Karena hal tersebut merupakan faktor yang menentukan keberhasilan suatu usaha. Pada perusahaan Aneka Rasa (AR) Mutu produksi menjadi andalan yang digunakan dalam menghadapi para pesaing, mutu produk hasil olahan “AR” dirasakan sudah memberikan kepuasan konsumen.

Pada awalnya perusahaan Aneka Rasa mempunyai kegiatan hanya pengemasan saja dengan berbagai jenis makanan, namun karena ada satu produk makanan unggulan yang paling laku atau unggul di pasaaran dari pada produk makanan lainnya. Maka AR kemudian memproduksi sendiri mulai bulan Januari 2004 dan selama ini pangsa pasar yang AR jalankan 100% pasar lokal (dalam negri). Antara lain : Bekasi, Cikarang, Karawaang, Cikampek, Purwakarta, Bandung Jakarta, Tangerang, Bogor, Merak, dll.

Hambatan Usaha
Dewasa ini memang penanaman singkong sudah tidak banyak dilakukan oleh para petani. Singkong hanya dijadikan sebagai tanaman penyelang pada tanaman utama sepeti pada palawija.

Untuk itu perlu dipikirkan untuk mempunyai sumber bahan baku sendiri. Salah satu caranya yaitu bisa dengan memiliki lahan kebun sendiri atau bekerjasama dengan petani yang bersedia menanam singkong secara khusus. Hal ini untuk menjaga agar produksi tidak berhenti.

Sebagai penunjang kelancaran usaha, khususnya dalam hal proses produksi, kelancaran suplai bahan baku ini sangat perlu untuk diperhatikan. Cadangan bahan baku perlu dipertimbangkan untuk proses produksi hingga paling tidak 5 hari. Hal ini untuk menjaga jika terjadi hambatan dalam penyediaan bahan baku.

Kelebihan Produk
Prospek bisnis keripik singkong masih sangat terbuka lebar. Bahkan saat ini banyak konsumen yang menjadikan keripik singkong sebagai buah tangan yang cocok bagi sanak saudara di luar kota.

Disamping prospeknya yang masih sangat bagus, menjalankan bisnis keripik singkong tidak membutuhkan modal yang terlalu besar. Usaha ini bisa dimulai dengan skala rumah tangga dan menggunakan perabot dapur di rumah sebagai sarana dan prasarana dalam memproduksi keripik singkong. Hal terpenting dalam proses produksi adalah menggunakan bahan baku berkualitas bagus dan mengasah keahlian dalam mengolah singkong sehingga cita rasa yang dihasilkan juga benar-benar berkualitas.

Makanan ringan ini sudah mempunyai identitas yang kuat dikalangan para konsumen sehingga sudah tidak asing lagi namanya. Berikut akan diuraikan beberapa potensi pasar dari usaha keripik singkong :
·          Harga lebih murah
·          Kualitas lebih baik dengan rasanya yang renyah dan gurih
·          Produk baru diperoleh langsung dari produsen tanpa perantara grosir

Kekurangan Produk
Singkong merupakan bahan yang dapat busuk, maka perlu dijaga dan diketahui batas kualitas singkong yang baik untuk dijadikan bahan baku.

Kantung plastik, alumunium foil, atau bahkan foam-box yang biasa digunakan untuk kemasan makanan, kadang hanya berupa kemasan standar dan kurang sesuai untuk digunakan dalam mengemas jenis produk seperti keripik singkong. Untuk itu perlu dipikirkan cara pengadaan kemasan ini disesuaikan dengan produk keripik singkong yang dihasilkan, jika diperlukan harus dipikirkan pembuatan sendiri kemasan yang lain dari yang lain.

Selain itu, kendala berikutnya yaitu adanya persaingan pasar yang cukup ketat. Sekarang ini jumlah produsen keripik singkong sudah cukup banyak di pasaran sehingga para pelaku usaha dituntut untuk menghasilkan cita rasa yang lezat dan melengkapinya dengan kemasan yang bisa menarik perhatian konsumen.

Cara Pembuatan

1 komentar:

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
next page