Minggu, 23 Desember 2012

Pengantar Sistem Informasi Berbasis Komputer

Pemakaian computer dalam kehidupan kita telah sangat meluas dan memasyarakat. Tidak hanya terbatas dalam lingkungan kerja, tetapi juga dalam kehidupan sehari-hari. Penggunaan alat-alat seperti Automated Teller Machine, system penerima dan perekam pesan telpon otomatis (Voice Mail Sistem), pelayanan telpon ketika sedang menelpon (call waiting), penunjuk identitas penelpon (Caller Id), system pengereman anti selip telah sangat meluas.

Dalam lingkungan perusahaan, perusahaan adalah alat Bantu yang mutlak diperlukan. Tidak terbayangkan bagaimana berbagai perusahaan dapat tumbuh dan berkembang tanpa adanya computer. Penerapan Sistem Informasi Manajemen menjadi kebutuhan yang mutlak dan dapat memberikan keunggulan kompetitif, sehingga mendapat prioritas yang tinggi. 

Informasi adalah salah satu dari lima jenis utama sumber daya yang dapat dipakai oleh manajer. Semua sumber daya, termasuk informasi, dapat dikelola. Pengelolaan informasi semakin penting saat bisnis menjadi lebih kompleks dan kemampuan computer berkembang. 

Output computer digunakan oleh para manajer, non manajer, dan orang-orang atau organisasi-organisasi dalam lingkungan perusahaan. Manajer terdapat pada semua tingkatan dan dalam semua area fungsional. Saat para manajer melaksanakan fungsi-fungsi mereka dan memainkan peran mereka, mereka menambah keahlian komunikasi dan pemecahan masalah mereka dengan pengetahuan tentang computer dan informasi. 

Sistem adalah suatu integrasi elemen-elemen yang semuanya bekerja menuju satu tujuan. Semua sistem meliputi tiga elemen utama: input, transformasi, dan output. Sebagian system dapat mengendalikan operasi mereka sendiri, dan mencakup suatu system lingkaran tertutup. Sistem lingkaran tertutup disamping tiga elemen utama. Sistem yang tidak memiliki kemampuan pengendalian disebut system lingkaran terbuka. Semua system yang kita pelajari dalam teks ini adalah system terbuka, dalam arti mereka berhubungan dengan lingkungan mereka. Perusahaan adalah suatu contoh system dan system lingkaran tertutup. 

Manajer mengelola suatu system fisik yang terdiri dari orang, material peralatan dan uang. Manajer memantau system fisik tersebut dengan menggunakan suatu system konseptual. Sistem konseptual menyediakan informasi yang menggambarkan keadaan system fisik perusahaan dan lingkingannya, 

Para manajer harus memandang unit organisasi mereka dengan pandangan system. Pandangan ini membuat para manajer lebih mudah menfokuskan elemen-elemen system pada pencapaian tujuan-tujuan organisasi. 

Sumber : Buku Sistem Informasi Manajemen Raymond Mcleod, Jr. (Edisi Kedelapan)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
next page