Senin, 09 Juni 2014

Industrialisasi Ide Kreatif Masyarakat Indonesia Modal Dasar Menguasai Dunia

Perkembangan teknologi di dunia tak dapat dilepaskan dari perkembangan ekonomi. Saling ketergantungan ini dimotori oleh perkembangan berbagai jenis ilmu pengetahuan yang merupakan dasar inovasi dalam menghasilkan teknologi-teknologi baru baik yang merupakan bagian dari produk maupun bagian dari proses produksi.
 

Terbentuknya pasar tunggal Amerika Utara dan pasar tunggal Eropa serta terbentuknya pasar Asia Pasifik, merangsang perusahaan-perusahaan di dunia untuk mengambil sikap menghadapi skenario baru dalam perdagangan dan pemasaran. Penguasaan ilmu pengetahuan dan teknologi menjadi terobosan baru di era modern yang serba canggih ini. 

Ilmu pengetahuan merupakan usaha manusia untuk memahami gejala dan fakta alam, dan melestarikan pengetahuan tersebut secara konsepsional dan sistematis. Sedangkan teknologi adalah usaha manusia untuk memanfaatkan ilmu pengetahuan itu untuk kepentingan dan kesejahteraan masyarakat. Karena hubungan tersebut maka perkembangan ilmu pengetahuan selalu terkait dengan perkembangan teknologi, demikian pula sebaliknya. 

Iklim yang menarik dan kondusif bagi tumbuh kembangnya kegiatan penelitian dan pengembangan di Indonesia memang belum bekerja dengan baik walaupun faktanya sudah tersedia wadah pembinaan para pelaku teknologi seperti perguruan tinggi dan lembaga penelitian pemerintah (Kantor Menteri Negara Riset dan Teknologi, Dewan Riset nasional dan Dewan Standarisasi Nasional). Demikian pula dalam mentransformasikan masyarakat pertanian menjadi masyarakat industri tentu perlu waktu dan proses pendidikan. Yang paling menentukan dalam menguasai ilmu pengetahuan dan teknologi adalah kesiapan para pelaku itu sendiri, karena pada dasarnya ilmu pengetahuan dan teknologi terletak pada sumber daya manusianya. 

Namun di sisi lain, prestasi para tenaga ahli Indonesia di bidang ilmu pengetahuan dan teknologi saat ini sudah banyak terlihat di dalam dan luar negeri. Sayangnya masih sedikit sarana aktualisasi ide mereka di Indonesia. Pengadaan laboratorium ide kreatif dengan sarana prasarana yang memadai serta basis industrialisasi perlu dilakukan untuk mengembangkan potensi mereka. Hal ini juga bisa menjadi cikal bakal masa depan Indonesia untuk berkembang jauh lebih pesat. 

Peran ilmu pengetahuan dan teknologi dalam perkembangan ekonomi bukan hanya tanggung jawab dari perusahaan semata tetapi juga menjadi tanggungjawab pemerintah. Suatu sinergi kerjasama antar para pelaku ilmu pengetahuan dan teknologi bersama pemerintah sangat efektif dalam menciptakan iklim agar kegiatan penelitian dan pengembangan dapat tumbuh subur. 

Keterlibatan pemerintah dalam bidang penelitian dan pengembangan teknologi ini memang sangat diperlukan untuk menentukan keunggulan teknologi yang harus dimiliki, dipertahankan dan dikembangkan untuk waktu kini dan waktu-waktu yang akan datang. 

Setidaknya ada tiga hal yang mendasari pentingnya perubahan cara pandang masyarakat dan pemerintah Indonesia untuk memaksimalkan potensi ilmu pengetahuan dan teknologi yang dimiliki : 1. Modernisasi kehidupan, 
2. Arus perubahan sosiokultural, serta 
3. Persaingan ilmu pengetahuan dan teknologi serta ekonomi global yang kompetitif. 

Perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi mempunyai ciri eksponensial yaitu semakin lama semakin cepat, karena hasil dari suatu tahap menjadi dasar dan alasan bagi tahap selanjutnya. Ditinjau dari peran ekonominya, teknologi merupakan pendorong utama bagi penciptaan nilai tambah ekonomis. Nilai tambah ini dinikmati oleh para pelaku ekonomi, sehingga menaikkan kualitas kehidupannya. Dengan naiknya kualitas kehidupan maka semakin besar pula dorongan untuk penciptaan nilai tambah agar peningkatan kualitas hidup itu berkesinambungan. Tidak mengherankan bahwa bukan saja perkembangannya semakin cepat tapi peran ilmu pengetahuan dan teknologi dalam masyarakat modern bertambah lama bertambah penting. Adakalanya satu atau sebagian pelaku ekonomi yang menikmati produk hasil karya merasa tidak puas karena menemui kelemahannya atau merasa bahwa nilai teknologi dari produk tersebut sudah usang. Pembaharuan kualitas dan keterkinian produk ilmu pengetahuan dan teknologi menjadi syarat mutlak agar tetap eksis dari masa ke masa. 

Demi meningkatkan kepuasan konsumen dibutuhkan tindakan proaktif untuk memburu, menampung dan meramunya menjadi sebuah produk baru yang lebih baik. Perbaikan yang berkesinambungan ini mampu menjawab tantangan para pengguna teknologi sehingga mereka menjadi semakin setia menikmati produk tersebut karena adanya hubungan saling menguatkan dan saling menguntungkan. 

Proses perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi ini perlu didukung oleh sikap positif yang membangun berikut baik dari masyarakat maupun pemerintah : 
1. Mawas diri terhadap persaingan global, 
2. Membangun mental juara, 
3. Budaya disiplin yang meliputi disiplin diri, waktu, kerja, sasaran dan tanggung jawab, 
4. Pemetaan gagasan jangka panjang yang terukur secara kualitatif dan kuantitatif, 
5. Aktualisasi ide kreatif, 
6. Perbaikan yang berkesinambungan, serta 
7. Keyakinan kuat untuk menguasai dunia.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
next page